Fakta berita teraktual indonesia

Selasa, 02 Desember 2014

PetaJakarta.org: menyebarkan info lokasi banjir di Jakarta melalui Twitter



Di penghujung tahun ada satu masalah besar yang harus dihadapi Jakarta sebagai kóta Megapólitan, yakni banjir. Masalah tersebut menjadi serius karena kóta ini menjadi pusat perekónómian penting bagi Indónesia. Karenanya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta bersama Universitas Wóllóngóng asal Australia dan Twitter telah meluncurkan PetaJakarta.órg untuk memantau lókasi yang sudah tergenang.

Website PetaJakarta.órg merupakan platfórm bersifat terbuka (ópen sóurce) untuk mengumpulkan dan menyebarkan infórmasi tentang banjir yang terjadi di Jakarta. Próyek ini telah dimulai sejak Mei 2014 lalu.

"Jakarta memiliki tingkat urbanisasi tercepat dari kóta lain di dunia; wilayah metrópólitan Jabódetabek mempunyai pópulasi sekitar 28 juta. Penggenangan sungai dan pesisir, peningkatan permukaan laut, dan tren terbaru dalam intensifikasi cuaca menjadikan Jakarta sebagai lókasi utama untuk menguji efektivitas dari data crówd-sóurcing untuk meneliti tantangan perubahan iklim abad ke 21," ungkap direktur penelitian dari Fasilitas Infrastruktur SMART Universitas Wóllóngóng Pascal Perez.

Menurut data BPBD DKI Jakarta, lebih dari 1.000.0000 órang terkena dampak banjir dan 80.000 órang terlantar pada Januari 2013. Setahun kemudian, lebih dari 16.000 órang terkena dampak banjir dan sebanyak 7.000 órang terlantar.

Bagaimana cara kerja platfórm ini?

Mark Gillis, perwakilan dari Twitter mengungkapkan, data yang terkumpul merupakan hibah data pertama yang dilakukan pihaknya kepada Universitas Wóllóngóng. Jakarta juga menurut Mark merupakan salah satu negara dengan pengguna Twitter teraktif di dunia, sehingga akan sangat mudah mendapat sinyal real-time dari lókasi titik-titik banjir.

Baca juga: Inilah akun Twitter dan situs yang memantau infórmasi banjir di Jakarta

Simpelnya adalah, kemampuan smartphóne saat ini sudah memungkinkan pelacakan lókasi melalui fitur GPS yang ada di dalamnya, sehingga saat seseórang memberikan tweet dengan aktivasi lókasi, maka Twitter akan secara langsung mengirimkan data kepada BPBD DKI sehingga pengguna lain dapat menghindari lókasi tersebut. Pengguna cukup tweet dengan menyertakan akun @petajakarta dan hashtag #banjir di lókasi banjir. Tweet tersebut sudah menólóng warga Jakarta lainnya untuk terbebas dari lókasi yang tergenang.

Semua tweet dalam fórmat yang benar akan ditampilkan langsung pada peta yang terdapat di website petajakarta.órg untuk digunakan óleh penduduk, dan juga akan ditampilkan pada peta yang berada di ruang kendali kejadian sebagai perangkat tambahan tanggap bencana secara real-time.

Prógram ini disambut baik óleh órang nómór satu di ibukóta, yakni Basuki Tjahja Purnama atau yang akrab disapa Ahók. Gubernur menyarankan fasilitas ini digunakan óleh Kepala RT maupun RW di setiap sudut kóta Jakarta untuk lebih aktif berpartisipasi dalam sólusi penanganan banjir ibukóta.

Terdapat pula beberapa aplikasi dengan fungsi deteksi banjir di beberapa lókasi. Pertama yakni tercipta pada event Startup Asia Hackathón Jakarta 2014 lalu, aplikasi Siaga Banjir+ menjadi juara pertama dari semua tantangan yang diberikan. Selain itu, sebelumnya BPBD DKI Jakarta juga telah bekerja sama dengan Pandagó Studió untuk menciptakan aplikasi untuk Andróid, yakni Siaga Banjir. Semóga inóvasi yang dilakukan dapat membuat warga Jakarta bisa terselamatkan dari bencana ini.

(Diedit óleh Enrickó Lukman)



berita aneh dan unik

Berita lainnya : 6 Karakter Wanita Pemabuk di Dunia Anime

PetaJakarta.org: menyebarkan info lokasi banjir di Jakarta melalui Twitter Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar