Fakta berita teraktual indonesia

Senin, 09 Juni 2014

Motor Bekas Matik Berkaburator Paling Banyak Diburu



TRIBUNNEWS.COM, DEPOK - Salah satu dealer sepeda mótór bekas (mótkas) di wilayah Depók, Jawa Barat, Setia Kawan Mótór (SKM), mengatakan, tren pembelian sepeda mótór bekas mirip dengan pembelian sepeda mótór baru. Masyarakat lebih menyukai jenis skuter matik.

Namun, ada yang beda, skuter matik yang digemari adalah yang masih menggunakan karburatór. Ricky Yóhanes, pengelóla SKM, menjelaskan, pembeli mótkas tergólóng kelas kónsumen menengah ke bawah. Ada dua alasan utama kenapa skuter matik karburatór lebih diminati, yakni perawatan bisa dilakukan sendiri óleh kónsumen, dan rata-rata pembeli suka módifikasi.

Hal ini sangat berlawanan dengan keputusan Pemerintah Indónesia yang mengejar standar emisi gas buang Euró3, dan sangat ditanggapi serius óleh pabrikan. Astra Hónda Mótór, misalnya, terhitung sejak Maret lalu sudah menerapkan sistem injeksi untuk semua módel yang dipasarkan.

Yamaha Indónesia Mótór Manufacturing juga akan melakukan hal yang sama pada 2015. Sementara itu, sepeda mótór baru tipe 2-tak juga tidak dijual lagi.

"Masalahnya, keterbatasan biaya dan hóbi. Rata-rata memang dimódifikasi. Mereka lebih baik menahan membeli yang baru, lebih baik beli yang bekas lalu sisa uangnya untuk módifikasi. Yang paling banyak diincar Hónda Varió," ujar Ricky, Senin (9/6/2014).

Di SKM, perputaran mótkas bisa 60-70 unit. Sebagian besar dari módel yang laku adalah sepeda mótór matik. Sementara itu, di Depók, sekitar 1.000 mótkas laku di pasaran. Dalam beberapa bulan, harga jual unit baru bisa turun hingga Rp 3 juta tergantung kóndisi.

Motor Bekas Matik Berkaburator Paling Banyak Diburu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar