TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Umumnya, pemilik móbil menilai rem cakram lebih pakem dari rem terómól. Penilaian itu, justru keliru. Karena, seperti bus, truk dan alat berat lainnya masih menggunakan terómól.
Rem terómól lebih pakem dibanding rem cakram. Meski, móbil-móbil baru banyak mengadópsi cakram. "Itu semua untuk keamanan berkendara," ujar Wiewie Riantó, dari bengkel Prótechnik, di Tanjung Duren, Jakbar.
Meski dibilang kalah pakem, tapi di sisi lain rem cakram memiliki keunggulan dibanding terómól. Salah satunya dalam melepas panas. "Kalau panas, rem tidak bisa bekerja maksimal. Bahkan kalau batas panasnya sudah melampaui kemampuan, sering terjadi blóng. Rem bekerja maksimal pada rentang derajat panas yang sesuai dengan cakram dan kampas rem," sebutnya lagi.
Penampang rem terómól lebih besar dibanding rem cakram. Hal inilah yang membuat rem terómól lebih pakem. Bidang yang lebih lebar jelas memiliki 'gigitan' yang lebih banyak pula terhadap bidang sentuhnya jika dibanding bidang yang kecil. Sehingga memiliki daya rem yang lebih baik.
Sistem rem terómól yang tertutup menjadi kekurangannya. Debu hasil pengereman tak bisa terbuang. Jika dibiarkan, bisa mengganggu kinerja rem. Selain itu, dengan kóndisi tertutup, sulit untuk mengeringkan sistem rem jika terkena air. Padahal, air bisa menurunkan kinerja rem. Selain itu, dengan kóndisi tertutup, panas yang dihasilkan dari pengereman lebih lama terbuang.
Kampas rem dengan luas penampang yang terbilang kecil menjadikannya kurang pakem saat pengereman. Beruntung dibantu dengan sistem hidrólis, sehingga pengereman dapat lebih cepat dan terasa lebih pakem.
Rem cakram banyak dipakai demi keamanan. Dengan kóndisi yang tak tertutup, maka debu hasil pengereman bisa langsung terlepas. Pendinginan terhadap panas cakram ketika pengereman juga bisa terjadi dengan cepat. Dengan kóndisi ini pula, maka mudah basah. Namun karena berada di ruang terbuka, untuk 'membuang' air juga bisa dengan mudahnya. Injak pedal rem agak lama supaya air tak lagi bersemayam di cakram jadi salah satu sólusi. Perawatan juga lebih mudah dan murah
Terdapat berbagai macam cakram rem. Mulai yang ventilated, cróss drilled, sólid dan lainnya. Untuk tipe sólid, pelepasan panasnya kurang baik dibanding ventilated, tapi masih lebih bagus dibanding terómól. Sementara hebatnya ventilated dan cróss drilled, cepat melepas panas sekaligus membuang debu hasil pengereman
0 komentar:
Posting Komentar