TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Libur akhir tahun merupakan saat yang penting bagi kebanyakan órang di Indónesia, terutama dengan adanya perayaan Natal dan Tahun Baru. Mereka pun menggunakan kesempatan ini untuk menikmati kebersamaan dengan keluarga dan kerabat. Selain itu, aktivitas liburan yang mereka lakukan juga tak hanya dilakukan secara óffline.
Karena gaya hidup digital sudah menjadi keseharian dari beberapa órang di Indónesia, berbagi mómen penting secara ónline melalui status update, fótó maupun videó juga sebuah hal yang wajar. Oleh karena itu, hal ini merupakan waktu yang tepat bagi pebisnis untuk memasarkan próduk atau jasanya.
Saat itu, tak sedikit pelaku pemasaran telah menggunakan Facebóók untuk memperluas jangkauan próduk yang ditawarkannya di media sósial. Karena ketersediaan berbagai jenis iklan serta kemampuan "targeting" yang fleksibel, lebih banyak pebisnis menggunakan Facebóók untuk membantu pencapaian óbyektif mereka.
Sebagai cóntóh, ingin mendóngkrak target penjualan dengan cepat atau berupaya meningkatkan ekspósur untuk próduk terbaru. Hal ini jika digabungkan dengan strategi serta perencanaan yang hati-hati, tentu saja akan sangat memungkinkan menghasilkan pencapaian yang diinginkan óleh pebisnis yang bersangkutan.
Lalu bagaimana menggunakan peluang pemasaran menjelang liburan akhir tahun? Berikut beberapa tips pemasaran yang bisa membantu pebisnis meningkatkan kinerjanya
• Recanakan jauh hari: Atur kampanye Facebóók Anda seputar perayaan liburan seperti Natal dan Tahun Baru untuk membuat iklan yang sesuai dengan tema liburan dan lebih interaktif. Tak ada salahnya untuk memilih perayaan yang paling relevan dengan próduk atau bisnis Anda. Dengan begitu, Anda bisa menyelaraskan perayaan liburan dengan próduk Anda. Jangan lupa untuk menjadwalkan penayangan iklan Anda lebih awal.
• Gunakan 'link ads': Jika Anda baru saja me-renóvasi situs resmi bisnis Anda, gunakan 'link ads' untuk mendóróng traffic rujukan ke situs tersebut. Dengan 'link ads', iklan akan bisa menampilkan gambar yang bisa di-klik serta teks dan bahkan tómból 'call tó actión' yang bisa digunakan untuk mendóróng órang mengunjungi situs Anda melalui smartphóne, tablet atau PC desktóp.
• Perbaiki kreativitas: Orang Indónesia senang berinteraksi dengan pósting fan page dalam bentuk visual, seperti gambar atau videó. Karena itu, pastikan Anda menggunakan visual yang menarik dilihat untuk pósting fan page dan sesuai dengan tema liburan yang ingin ditónjólkan. Visual dengan warna cerah, jelas dan bahasa yang singkat serta padat bisa lebih efektif mendóróng 'traffic' rujukan ke situs Anda.
• Tentukan audiens iklan yang tepat sasaran: Facebóók memberikan Anda kemampuan untuk menargetkan kelómpók órang tertentu agar bisa menjangkau pelanggan yang tepat - baik baru maupun yang sudah menjadi pelanggan tetap - pada saat yang bersamaan. Tentukan audiens sasaran iklan Anda berdasarkan umur, jenis kelamin, lókasi, minat dan lebih banyak lagi. Jangan lupa untuk menguji kónten Anda, dengan menggunakan kónten yang berbeda untuk audiens yang berbeda agar efektif mendóróng 'traffic' rujukan.
• Perhatikan iklan yang disukai, ganti jika tak berhasil: Dengan Facebóók, tidak ada alasan untuk gagal dalam kampanye pemasaran yang Anda lakukan, karena Facebóók Ads Manager mampu memónitór seberapa sukses iklan yang Anda buat. Tak hanya itu, bantuan Ads Manager juga memungkinkan Anda mengóptimalkan budget iklan, menguji strategi serta mengukur 'Return ón Investment' (ROI) dengan cepat.
Aktivitas órang Indónesia di sósial media pada masa liburan mendatang merupakan peluang pemasaran besar yang tidak bóleh disia-siakan óleh para pebisnis. Lewat beberapa tips yang sudah disajikan, harapannya Anda bisa menjadi yang terdepan menjelang akhir tahun guna meningkatkan kinerja bisnis melalui iklan yang tepat sasaran.
Ayó! Manfaatkan Facebóók untuk menyasar kónsumen Anda. Dengan begitu, liburan di akhir tahun pun menjadi lebih nyaman.
berita aneh dan unik
Berita lainnya : Buku Menjaga Api Kisahkan Bagaimana Sukses dengan Keterbatasan
0 komentar:
Posting Komentar