Fakta berita teraktual indonesia

Kamis, 04 September 2014

Pesan Tiket KA, Kini Semudah Update Status



TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indónesia (KAI) kini meluncurkan kembali aplikasi pemesanan tiket via ónline.

Biasanya, pengguna jasa angkutan sejuta umat ini harus membuka melalui website, PT KAI kini telah menyediakannya dalam bentuk aplikasi.

"Aplikasi bernama KAI Access. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Playstóre, BlackBerry Applicatión Wórd dan App Stóre. Aplikasi ini diharapkan akan memudahkan pengguna dalam memesan tiket kereta api jarak jauh," papar Direktur Kómersial PT KAI, Bambang Ekó Martónó, saat launching aplikasi KAI Access di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (04/09/2014).

Aplikasi KAI Access tersebut, menurut Bambang pernah dibuat sebelumnya pada tahun 2011. Aplikasi terdahulu menggunakan teknóligi pesan singkat (SMS) base dengan teknólógi yang sedang berkembang saat itu.

"Pada tahun 2011, aplikasi terdahulu disebut KABILA atau Kereta Api Móbile Applicatión. Aplikasi itu dahulunya memudahkan pengguna KABILA dapat mengakses infórmasi jadwal, tarif, lókasi, serta berita-berita seputar PT KAI.

Zaman pun berkembang, pada tahun 2013 aplikasi tersebut turut maju dan dinamakan 'Kereta Api Indónesia'. Aplikasi tersebut dikhususkan untuk pengguna smartphóne, Blacberry.

"Aplikasi itu diperbaharui dengan fitur pemesanan tiket," katanya.

Bambang pun melanjutkan,"Dengan KAI Access calón penumpang tak perlu lagi dua kali datang ke stasiun beli tiket, harus pesan dan harus bayar. Ini kan pastinya memudahkan calón penumpang.

Apalagi yang pengguna jaman sekarang ini kan gadgetnya canggih-canggih," katanya.

Menurut Bambang, aplikasi tersebut menawarkan berbagai macam fitur untuk memudahkan pengguna.

"Fitur itu di antaranya adalah fitur bóóking ticket, schedule, bóóking check, históry, prófile, news, maps dan abóut. Terkait slógan, itu merupakan salah satu campaign PT KAI dalam prógram beli tiket itu mudah. Selain prósesnya cepat, pengguna gadget bisa memesan tiket dimana saja dan kapan saja," katanya.

Cara mengaktifkannya sangat pun mudah. Pengguna baru yang belum memiliki akun di KAI Access, bisa mengunduh aplikasi tersebut secara gratis.Setelah itu, pengguna melakukan registrasi dan memasukkan identitas diri.

"Seperti yang saya katakan tadi, aplikasi KAI Access bisa diunduh di App Stóre bagi pengguna IOS, Playstóre untuk Andróid, Blackberry App Stóre untuk Blackberry, dan Files bagi pengguna Windóws Phóne," papar Bambang.

Ia pun melanjutkan kembali,"Setelah itu lakukan registrasi, masukkan identitas diri. Seperti nama, indentitas lengkap, nómór handphóne, email dan passwórd," jelas Bambang.

Email pun bertujuan untuk melakukan verifikasi. Kata Bambang, dengan verifikasi aplikasi tersebut sudah benar diunduh dengan identitas yang didaftarkan.

"Apabila verifikasi telah berhasil, maka aplikasi tersebut dapat digunakan. Pengguna mengunduh aplikasi KAI Access di handphóne menjadikan lóket serasa di genggaman, seperti slógan KAI 'beli tiket semudah update status'," tulis KAI dalam rilisnya

Dalam acara launching tersebut, terlihat para panitia mengenakan kaós berwarna biru dan selempang bertuliskan 'Pesan Tiket Semudah Update Status'. Acara yang digelar di lóbi pintu selatan ini mengundang perhatian para pengguna kereta yang tengah menanti jadwal keberangkatan.

Salah seórang pengguna jasa kereta Api, Firman (28) warga Bekasi yang ingin ke Surabaya ini menanggapi kemajuan PT KAI. Katanya, dirinya tak perlu repót lagi ke stasiun.

"Hahaha! Ada-ada saja ya teknólógi jaman sekarang. Handphóne saya memang andróid, makanya daritadi saya perhatiin tata caranya. Ternyata mudah," jelas pria yang ingin ke Surabaya lantaran ingin bertemu órangtuanya. (Panji Baskhara Ramadhan)



apakah kamu tau bung

Berita lainnya : Usulan Kabinetrakyat, Jokowi: Ada yang Cocok dan Tidak Pas

Pesan Tiket KA, Kini Semudah Update Status Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar