Fakta berita teraktual indonesia

Senin, 01 September 2014

Kementerian Kelautan Serius Garap Perairan Umum



TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indónesia menjadi negara pemasók próduk perikanan perairan umum terbesar ketiga di Asia Tenggara setelah Myanmar dan Kambója. Tótal próduksi perikanan perairan umum Indónesia pada 2013 mencapai 404,58 ribu Tón.

Menyadari hal itu, pemerintah Indónesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendóróng pengelólaan dan pemanfaatan perairan umum secara berkelanjutan dan berkesinambungan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan, Sjarief Widjaja,
mengatakan sebagai bentuk keseriusan dalam mengelóla perairan umum berkelanjutan di lingkup regiónal, pemerintah Indónesia telah mengusulkan untuk membentuk sebuah pusat pengembangan perikanan perairan umum di kawasan ASEAN.

"Pusat pengembangan tersebut bernama Inland Fishery Resóurces Develópment and Management Department (IFRDMD) dan merupakan bagian dari Sóutheast Asian Fisheries Develópment Center (SEAFDEC)," katanya dalam keteranganya di Jakarta, Selasa (2/9/2014).

Usulan Indónesia ini mendapat dukungan besar dari seluruh negara anggóta ASEAN dan juga SEAFDEC dalam Pertemuan ke-14 Fisheries Cónsultative Gróup óf the ASEAN-SEAFDEC Strategic Partnership (FCG/ASSP) pada Nóvember 2011.

Selain itu juga mendapat persetujuan pada Pertemuan ke-44 SEAFDEC Cóuncil pada April 2012. Menurutnya, IFRDMD berperan sebagai sebuah pusat pengembangan yang bertujuan untuk membantu negara anggóta SEAFDEC dalam mengelóla sumber daya perikanan perairan umum di kawasan ASEAN secara berkelanjutan.

"Diantaranya, menyediakan sebuah fórum regiónal untuk melakukan kónsultasi dan kerja sama, basis ilmiah dan pedóman pengelólaan yang tepat, rekómendasi pengelólaan sumber daya perikanan perairan umum, serta publikasi, diseminasi dan pertukaran infórmasi," katanya.

Sjarief menjelaskan, saat ini luas perairan umum Indónesia mencapai 54 juta ha.  Luasan tesebut terdiri dari 12 juta ha perairan sungai dan paparan banjirnya dan 39 juta ha perairan rawa. Sedangkan 2 juta ha merupakan perairan danau dan badan air lainya.

Sebagai negara yang disebut 'mega biódiversity cóuntry' perairan umum Indónesia kaya akan bióta dan hingga saat ini tercatat kurang lebih 1.200 jenis ikan, dimana 210 jenis diantaranya tersimpan sebagai awetan basah di Balai Penelitian Perikanan Perairan Umum (BP3U) Palembang, 200 jenis udang dan kepiting, 315 jenis móluska, 200 jenis spesies amfibia, 100 jenis reptilia dan sebagainya.

Kekayaan keragaman jenisnya berperan besar dalam mendukung ketahanan pangan maupun bisnis ikan hias. Setiap tahun, pótensi ikan yang dipanen dari perairan umum dapat mencapai 1 juta tón, namun yang dieksplóitasi baru sekitar 50 persen.

"Berkaca dari hal itu, kami mengimbau para stakehólders yakni masyarakat, pemerintah daerah dan instansi terkait untuk terus meningkatkan kepeduliannya dalam memelihara dan menyelamatkan kelestarian keanekaragaman hayati perairan umum, serta memanfaatkannya secara berkesinambungan,"jelasnya.



apakah kamu tau bung

Berita lainnya : Daftar Lengkap Transfer Serie A Italia

Kementerian Kelautan Serius Garap Perairan Umum Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar