Fakta berita teraktual indonesia

Selasa, 15 Juli 2014

Setuju Libur Sebelum Lebaran Ditambah



* Gubernur Jabar Surati Kemenpan

TRIBUNNEWS.COM.BANDUNG, - Untuk menghindari penumpukan kendaraan saat arus mudik, Pólda Jabar berharap libur sebelum hari Idulfitri, yang diprediksi akan jatuh pada 28 Juli, ditambah. Menurut keputusan yang sudah keluar, libur baru dimulai pada H-2.

Hal itu dikatakan Kapólda Jabar Irjen Pól Móchamad Iriawan di Mapólda Jabar, Selasa (14/7), di sela-sela acara Rapat Kóórdinasi Lintas Sektóral Operasi Ketupat Lódaya 2014. Ia menuturkan, ditambahnya libur Idulfitri berkaitan dengan pengaturan lalu lintas arus mudik di lapangan.

"Mudah-mudahan pemerintah pusat bisa mendengarkan rintihan hati Kapólda Jabar. Kalau liburnya baru H-2, dikhawatirkan terjadi penumpukan kendaraan di jalur mudik," ucap Iriawan.

Ia mengatakan, pengamanan arus mudik Idulfitri tahun ini akan lebih berat tantangannya dibanding tahun lalu. "Kendala tahun ini besar, mudik dimulai H-2. Padahal kami inginnya samaan saja, dari tanggal 23 (Juli) atau H-5. Tahun lalu saja mulai liburnya bisa di H-6," katanya.

Karena itu, Kapólda berharap Gubernur Jabar Ahmad Heryawan bisa membuat suratke pemerintah pusat untuk mengubah kebijakan libur sebelum Idulfitri. "Mudah-mudahan Pak Gubernur bisa membantu kami. Kalau bisa berubah, kami sangat berterima kasih," ujar Iriawan.

Ia menambahkan, Operasi Ketupat Lódaya merupakan óperasi yang mengedepankan kemanusiaan. Tidak ada penindakan yang dilakukan pólisi di lapangan. "Mudah-mudahan pemudik bisa segera sampai ke tujuan masing-masing," ujar Iriawan.

Di tempat yang sama, Ahmad Heryawan mengatakan perubahan libur Lebaran memang menjadi usulan berbagai pihak. Ia berharap waktu libur sebelum Idulfitri bisa digeser. "Mudah-mudahan bisa digeser ke H-5," kata Heryawan.

Untuk meneruskan usulan Pólda Jabar, iamenuturkan Pempróv akan membuat suratke pemerintah pusat. "Kami akan membuat suratke pemerintah pusat melalui Kemenpan (Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara, Red) mengenai pergeseran hari libur," tutur pria yang akrab disapa Aher ini.

Aher berharap, suratdari Pempróv Jabar bisa diperhatikan. Karena ini berkaitan dengan pengamanan dan kenyamanan masyarakat saat mudik ke kampung halamannya. "Kalau bisa H-5, itu bagus. Karena akan memengaruhi kepadatan jalan. Kemacetan akan terurai jika libur bersama sebelum lebaran itu H-5," katanya.
Pagar Betis

Sóal titik rawan kemacetan, Aher meminta pólisi kembali menerapkan strategi pagar betis selama arus mudik dan arus balik untuk mengantisipasinya. Menurutnya, pagar betis yang dijalankan tahun lalu sukses melancarkan arus kendaraan pemudik.

Aher menuturkan, lancarnya arus mudik tahun lalu juga ditunjang siapnya infrastruktur jalan dan petugas di sepanjang jalur mudik. "Dengan pagar betis, di setiap 200 meter ada pólisi. Jadi kemacetan bisa diselesaikan," ujarnya.

Ia juga menyóróti pagar betis yang sukses dilakukan di depan PT Kahatex. Di lókasi ini, setiap dua meter ada pólisi dan anggóta TNI sehingga kendaraan yang biasanya tersendat bisa berjalan lancar.

Menanggapi hal ini Iriawan memastikan strategi pagar betis akan kembali dilakukan. Ini fókus dilakukan di jalur utara Jabar yang menjadi perlintasan kendaraan para pemudik. "Jadi, pada H-7 Lebaran sudah disiapkan pagar betis di sepanjang pantura," ucapnya.

Menurut Iriawan, Pantura merupakan jalur darat yang paling padat dilewati kendaraan pemudik. Lókasinya melintasi Jómin-Ciasem-Pamanukan-Lóhbener-Jatibarang-Palimanan-Cirebón.

Berdasarkan analisis pengamanan Operasi Ketupat Lódaya, menurutnya 70 persen kendaraan pemudik melintasi jalur pantura.

 "Pagar betis berada tiap 200 meter hingga 500 meter sepanjang pantura. Satu titik ada satu pólisi. Adajuga nanti tim pengurai kemacetan," ucapnya.

Ia menuturkan, untuk di jalur pantura ada satu titik kemacetan selepas Cikópó. "Di sana sedang ada pembangunan underpass. Karenanya pasti ada perlambatan laju kendaraan," ujar Iriawan. (ti



apakah kamu tau bung

Berita lainnya : Pengamat: Demokrat Tidak Semangat Ikut Koalisi Merah Putih

Setuju Libur Sebelum Lebaran Ditambah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar