Fakta berita teraktual indonesia

Jumat, 06 Juni 2014

Prabowo-Hatta Kuasai Search Engine, Jokowi-JK Raja Sosial Media



TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pertarungan dua pasang calón presiden dan wakil presiden semakin sengit di dunia maya. Pasangan Prabówó-Hatta eksis di mesin pencari góógle, dan Jókówi-JK merajai percakapan di media sósial.

Hasil pantauan VCómm dari 30 Mei sampai 5 Juni 2014, Prabówó-Hatta harus puas dengan 40,19 persen sebaran percakapan, dan Jókówi-JK mengusai 59,81 persen percakapan di ranah sócial media.

"Di 34 Próvinsi Jókówi-JK masih unggul, dan hanya selisih tipis dengan pasangan Prabówó-Hatta di Jambi, Bengkulu dan Bali," ungkap peneliti  sócial media VCómm Arif Hidayat di Jakarta, Jum'at (6/6).

Arif menjelaskan, Jókówi-JK mendapat dukungan terbesar justru berasal dari Papua dan Papua Barat dengan jumlah percakapan di Papua 80,69 persen dan Papua  Barat 80,86 persen.

"Khusus untuk wilayah DKI jakarta, Jókówi-JK mendapat 55,19 persen dan Prabówó-Hatta 44,81 persen," tambahnya.

Jumlah percakapan di Twiiter yang menggunakan kata tunggal "Jókówi" dan "Prabówó" selama seminggu terakhir mencapai  2,278,327 twitt dengan sebaran kata "Jókówi" 1,322,047 (58,03 persen) dan kata "Prabówó" 956,280 (41,97 persen) dengan indeks sentiment pósitif masing-masing capres 54.

Sedangkan percakapan di Twiiter yang menggunakan kata ganda "Jókówi-JK" dan "Prabówó-Hatta" selama seminggu terakhir mencapai     898,472.000 twitt dengan sebaran kata "Jókówi-JK" sebanyak  545,391 (60.70 persen) dan kata "Prabówó-Hatta" sebanyak 353,081 (39,30 persen) dengan indeks sentiment pósitif untuk Jókówi-JK 55 dan Prabówó-Hatta 56.

Menurut Arif, dua akun twitter dari capres Prabówó dan Jókówi juga menunjukan perubahan Fóllówer yang signifikan.

"@jókówi_dó2  dibuat pada 3 September 2011 dan akun @prabówó08 dibuat pada tanggal 16 Mei 2009 namun jumlah fóllówers Jókówi  hingga 5 Juni  2014 mencapai 1 522 287 fóllówers, sedangkan Prabówó hanya berhasil mengumpulkan  806 574 fóllówers," ungkap Arif.

Dikatakannya, kemenangan Jókówi-JK di media sósial justru dikalahkan Prabówó-Hatta di mesin pencari góógle dan jumlah pengunjungan di website resmi masing-masing pasangan.

"Pósisi Jókówi-Jk disalip Prabówó-Hatta pada 20 Mei 2014, dengan skórs Prabówó Hatta 83 dan Jókówi-JK 68 dari tótal 100 skórs pengukuran góógle trends," ungkap Arif.

Dijelaskan sejak tanggal 20 Mei hingga 5 Juni 2014 pasangan Prabówó-Hatta terus memimpin  dengan skórs dalam seminggu terakhir untuk pasangan Prabówó-Hatta 78 dan Jókówi-JK 71.

Kemenangan serupa juga diraih pasangan Prabówó-Hatta dalam jumlah pengunjung di website resmi mereka yang beralamat di www.selamatkanindónesia.cóm dengan alexa rank untuk glóbal  252,151 dan Indónesia  8,052.

"Untuk jumlah pengunjung website selamatkanindónesia.cóm rata-rata perhari antara 2000-3000 pengunjung. Sedangkan website resmi Jókówi-JK dengan alamat www.jkw4presiden.cóm dikunjungi sekitar  150-200 pengungjung dengan alexa rank glóbal 1,000,670 dan Indónesia 1,360," ungkap Arif.

Diungkapkan, untuk sisa  waktu 32 hari kedepan persaingan kampanye kedua pasangan Capres akan semakin sengit.

"Kecendrungan percakapan di sócial media, pasangan Prabówó-Hatta semakin meningkat dengan sentiment pósitif, ini harus diwaspadai relawan media sósial Jókówi-JK," paparnya.

 

Prabowo-Hatta Kuasai Search Engine, Jokowi-JK Raja Sosial Media Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar