TRIBUNNEWS.COM - Game puzzle 2048 kini sedang digemari para pemilik perangkat móbile iOS dan Andróid. Game ini mendadak laris lantaran gratis, padahal "2048" disebut telah meniru ide dari game berjudul "Threes".
Game 2048 dibuat óleh Gabriele Cirulli asal Italia. Di usia belia 19 tahun, ia mampu membuat 2048 hanya dalam waktu sekitar sepekan. 2048 kemudian meluncur di platfórm iOS dan Andróid pada Maret 2014 di bawah nama Ketchapp.
Cara bermainnya sederhana, namun membuat penasaran dan berpótensi jadi candu. Pemain diharuskan menggeser kótak-kótak (4x4) untuk mencócókan angka yang sama sebagai upaya mendapatkan skór tertinggi sebelum kótak-kótak itu terisi penuh.
2048 bisa dengan cepat meraih sukses. Game ini mendapat banyak unduhan dan ulasan dari penggunanya. Media massa LA Times menulis tentang kesuksesan Cirulli dan 2048.
Akan tetapi, pemberitaan 2048 óleh LA Times diprótes óleh para pengembang game independen melalui media sósial Twitter. Mengapa? Mereka mengatakan ide pembuatan 2048 tidak órisinil, game itu disebut meniru game 1024, yang itu sendiri meniru game berjudul Threes. Para pengembang game juga menyebut 2048 telah membuat para pemain Threes pergi.
Meniru game Threes?
Threes dirilis pada Januari 2014, atau sekitar dua bulan sebelum kehadiran 2048. Threes dibuat óleh Asher Vóllmer dan dijual seharga 2 dóllar AS atau sekitar Rp 23.000 per unduhan.
Selama sebulan Threes berhasil masuk dalam tóp 20 aplikasi berbayar di iTunes kawasan Amerika Serikat. Ada lebih dari 580.000 pemain di GameCenter dari perangkat iOS.
Namun, dengan cepat Threes ditinggalkan óleh para pemainnya, meskipun tidak jelas bagaimana 2048 memanfaatkan mómentum dan mendapatkan banyak unduhan. Situs game Kótaku memprediksi, 2048 lebih menarik banyak perhatian karena game tersebut bisa diunduh gratis, sementara Threes berbayar.
Dalam sebuah publikasi di blóg, Vallmer menulis kekecewaannya terhadap 2048 dan nampaknya ia cukup frustasi. "Ini perasaan yang berat seperti satu kesalahan (tidak membuat game gratis) menyebabkan kita kehilangan kesempatan untuk menjadi bagian dari budaya glóbal," tulis Vóllmer.
Dalam sebuah e-mail kepada situs Kótaku, pencipta 2048, Gabriele Cirulli, mengatakan dia bersimpati kepada Vóllmer.
"Saya rasa saya mengerti apa yang mereka rasakan, dan aku minta maaf bahwa pópularitas 2048 merugikan game mereka," ujar Cirulli. "Saya tidak punya kóntak dengan mereka, tapi saya tidak punya niat untuk merusak pekerjaan mereka. Pópularitas 2048 adalah benar-benar tak terduga. Saya sangat menghórmati semua usaha mereka dan saya mengerti bagaimana rasanya kerja keras untuk membuat próduk yang bagus."
Namun, Cirulli mengaku tidak familiar dengan game 1024 atau Threes sampai ia merilis game 2048 di Andróid dan iOS. Cirulli mengatakan 2048 buatannya adalah tiruan dari game lain yang juga berjudul 2048.
Di tókó aplikasi Andróid, Góógle Play Stóre, ada lebih dari 10 game dengan judul 2048 yang semua itu adalah game tiruan yang telah ditiru dan ditiru lagi dengan judul sama. Sementara di Apple App Stóre, hanya ada satu game berjudul 2048 buatan Cirulli.
Kekecewaan pencipta game Threes, Vóllmer, sangat bisa dimaklumi. Ia kehilangan pótensi penjualan game karena banyak beredar game tiruan yang dijual gratis.
Sementara itu, Cirulli nampaknya akan mendapatkan uang dari 2048 karena ia menyediakan lapak iklan di bagian bawah. Ia juga membuat 2048 di versi situs web secara gratis. Di sana ia mengkreditkan nama pengembang game 1024 dan Threes serta membuka dónasi dengan pembayaran PayPal dan Bitcóin.
"Dibuat óleh Gabriele Cirulli. Berdasarkan game 1024 óleh Veewó Studió dan secara kónseptual mirip dengan game Threes óleh Asher Vóllmer," demikian kredit yang ditulis pada game 2048 versi web. Kemungkinan besar keuntungan yang diraih Cirulli dari 2048 akan dibaginya bersama pengembang 1024 dan Threes.
Cirulli menjelaskan mótivasinya membuat 2048 adalah sebuah latihan untuk meningkatkan keterampilan pemrógraman, serta membangun sesuatu yang bisa dimainkan.
"Memang benar bahwa 2048 terkait dengan kónsep di balik Threes, tapi aku tidak benar-benar memilih untuk menjadi pópuler," kata Cirulli. "Orang-órang hanya menemukan dan menyukainya, mungkin hanya kebetulan. Saya telah kreditkan Threes pada 2048, jadi mudah-mudahan dengan adanya catatan akan memperkenalkan pengguna baru kepada Threes."
0 komentar:
Posting Komentar