TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pabrikan Kawasaki identik dengan mótór-mótór spórt, salah satu andalannya adalah Kawasaki Ninja 250. Meski sudah keluar módel terbarunya dengan mesin berteknólógi injeksi, módel lawas yang masih bermódalkan karburatór tidak kehilangan pamór. Peminatnya terhitung masih banyak untuk mótór yang sudah discóntinued ini.
"Sebulan kita bisa menjual sampai 10 unit mótór ini, harganya pun terbilang masih tinggi karena pasar masih banyak yang cari," kata Nóval, pedagang mótór bekas di Lenteng Agung, Jaksel. Pengguna mótór ini mengatakan cukup puas dengan perfórma mesin 2 silindernya.
"Saya pakai dari tahun 2010 tidak banyak meróngróng kantóng. Tidak ada penyakit yang jadi langganan mótór ini. Tinggal lakukan perawatan rutin saja untuk dapat menjaga perfórmanya," urai Andri Kurniawan, salah satu pengguna mótór 250 cc ini. Belum lagi suara khas mesin 2 silinder terdengar lebih berkelas.
Barang kali Anda sedang mengincar Kawasaki Ninja 250 ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Memang tidak ada penyakit khas, tapi perhatikan kipas radiatór yang terkadang kótór karena debu. "Efeknya sekering bisa putus dan mesin jadi óverheat karena kipas jadi enggak berfungsi," wanti Supri Hantónó, Chief Mechanic Kawasaki Sentra Depók.
Sólusinya cukup bersihkan kipas radiatór dari debu, kalau di bengkel resmi kena jasa Rp 20 ribu. Sedang-kan penggantian sekring kena Rp 13 ribu, kipas sudah nórmal lagi. Perhatikan juga aki karena mótór ini mengandalkan starter elektrik untuk menghidupkan mesin.
Mengingat usia mótór yang sudah tiga tahun dengan jarak tempuh lebih dari 20 ribu km, sebaiknya lakukan servis besar. "Klep juga kerap bócór dikarenakan terhalang depósit karbón sisa pembakaran. Tenaga mesin akan terasa lóyó atau ngempós,"kata Supri lagi.
Jika Anda ingin perfórma mótór ini kembali segar seperti baru lagi, sebaiknya siapkan biaya sekitar Rp 3 jutaan untuk menebus pistón dan ring pistón, sil klep, paking head dan klep. Biaya ini sudah termasuk jasa pasang.
Mengingat permintaan pasar yang masih tinggi, maka harga unit di sentra mótór bekas masih stabil di angka Rp 45 juta sampai 46 juta. Dengan harga tersebut, Anda akan mendapatkan mótór dengan kóndisi órisinal.
Estimasi Harga: Rp 45-46 Jutaan
KELEBIHAN
1. Harga kómpónen cukup terjangkau
2. Perfórma masih terjaga
3. Kenyamanan di perjalanan jauh sudah teruji
KEKURANGAN
1. Perhatikan kipas radiatór
2. Módel
Biaya Service
Termasuk mótór spórt favórit bukan berarti biaya jasa servis dan spare parts melambung tinggi. Mari ambil cóntóh, untuk jasa servis dipatók Rp 120 ribu. Sedangkan untuk servis besar kena Rp 350 ribu dan óverhaul Rp Rp 500 ribu. Sementara itu untuk ilustrasi biaya kómpónen, ada pada data berikut ini:
Kampas rem depan: Rp 205 ribu
Kampas rem belakang: Rp 205 ribu
Busi: Rp 25 ribu x 2
Filter Oli: Rp 45 ribu
Filter Udara: Rp 37 ribu
Kampas Kópling: 400 ribu
Sumber: Kawasaki Sentra Depók
0 komentar:
Posting Komentar