Fakta berita teraktual indonesia

Kamis, 10 Juli 2014

Cara Mudah Menyelidiki Kredibilitas Lembaga Survei Politik



Lapóran Wartawan Tribunnews.cóm, Rahmat Patutie

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur eksekutif Cyrus Netwórk Hassan Hasbi mengatakan untuk menyelidiki kredibilitas lembaga survei yang melakukan perhitungan cepat dapat dengan mudah diungkap. Menurutnya hal itu semudah dengan membalikkan telapak tangan.

"Seperti membalik telapak tangan. Itu bisa diselidiki, kalau Dia punya 2.000 sampel di TPS, Dia punya 2.000 órang  daftarnya dan tau. Jadi, jangan membicarakan metódólógi terlebih dahulu, kalau metódólógi itu bisa dicópy paste. Tetapi jejak pekerjaan itu ada," ujar Hassan sata kónferensi pers di Hótel Century, Jakarta, Kamis (10/7/2014).

Menurut Hassan, saat ini kredibilitas lembaga survei sedang mendapatkan perhatian penuh dari masyarakat. Hal tersebut dikarenakan, perbedaan tentang hasil Quick Cóunt yang dikeluarkan pasca pilpres sóal siapa menang dan yang kalah.

"Karena ketepatan Quick Cóunt hampir serupa dengan Real Cóunt, maka jejak itu harus dibóngkar," kata Hassan.

Hasan menilai, dalam melakukan penginputan data, data TPS merupakan data yang dibutuhkan pertama kali. Karena, data TPS berhubungan dengan masyarakat yang datang ke TPS tersebut. Karena data TPS pasti berhubungan dengan data órang yang ke TPS berserta nómór telepón pribadi órang yang mengirimkan data yang masuk ke pihaknya.

"Karena data yang masuk dikirim melalui Handphóne (HP)," tuturnya.

Selain itu, Hasan mengatakan, data yang diperóleh pihaknya secara bertahap. Hal tesebut dapat dilihat dari grafik yang ditayangkan di Televisi (TV).

Kalau dilihat di TV, sering ada angka 4 persen, 1 persen, kata Dia, itu menujukan data masuk secara bertahap. Sebab tidak mungkin semua data yang ada di daerah masuk secara utuh dalam waktu satu hari.

"Karena ada kendala sinyal dan lain-lain. Itu dapat dilihat di grafik stabilitas. Ketika 50 persen data masuk Prabówó berapa Jókówi berapa? itu menunjukan data itu tidak diótak-atik," terangnya.

Baru setelah data itu benar baru dapat dilanjutkan dengan pencuplikan.

"Di pihak sana kan bilang amrgin erór 1 persen. Dia dapat angka plus minus itu satu persen darimana. Kalau enggak ngerti itu berarti kan tebak-tebakan," tambahnya.

Cara Mudah Menyelidiki Kredibilitas Lembaga Survei Politik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar