Hari Belanja Online Nasiónal 2014 hanya menunggu hitungan hari, tepatnya akan diselenggarakan esók lusa pada 12 Desember 2014 mendatang. Para kónsumen yang menanti-nanti hari belanja tersebut, mungkin sudah mempersiapkan uang dan daftar belanjaan yang ingin mereka beli. Lalu, bagaimana dengan persiapan para e-cómmerce peserta Harbólnas sendiri?
Tak bisa dipungkiri, prógram tahunan ini tentunya memerlukan persiapan yang matang baik secara teknis maupun óperasiónal. Berikut hasil wawancara Tech in Asia kepada sejumlah e-cómmerce peserta Harbólnas 2014 untuk merangkum beberapa persiapan menjelang ajang tahunan tersebut:
Baca juga: Persiapkan tabungan Anda, 79 e-cómmerce ini akan mengadakan diskón besar-besaran di Hari Belanja Online Nasiónal 2014 Tim Sumber gambar: pengguna Flickr 드림포유Hal paling utama yang perlu diperhatikan para e-cómmerce adalah kesiapan tim. Tidak hanya mengadakan rapat berkali-kali, berkóórdinasi dengan panitia Harbólnas, menghubungi para supplier, brand, media dan pihak yang bekerjasama dengan mereka; para e-cómmerce juga menambah sejumlah tenaga tambahan di beberapa sisi óperasiónal seperti lógistik dan pengiriman. Website yang sering bersinggungan dengan layanan inquiry seperti website bóóking hótel ónline PegiPegi, menambah jumlah staff untuk custómer service.
LógistikLógistik merupakan salah satu sisi yang amat penting untuk dipersiapkan di Harbólnas. Penawaran diskón yang menggiurkan akan menarik banyak órang untuk berbelanja, ini tentunya meningkatkan vólume pembeli dan belanja dibanding hari biasanya. Kenaikan vólume pembeli ini diantisipasi óleh para e-cómmerce dengan menaikkan jumlah pasókan lógistik mereka. Shópdeca misalnya, menyediakan 46 brand internasiónal dan nasiónal, BerryBenka menyediakan 10.000 próduk, TókóBuku menyediakan 150 judul buku terbaik 2014 dengan diskón 50 persen, Bilna menyediakan 17.000 SKU (stóck keeping unit), serta Lazada menyediakan 5.000 deals dari 13 kategóri dan ribuan vóucher.
Baca juga: 5 hal yang perlu Anda persiapkan dan perhatikan sebelum menghadapi Harbólnas Sistem back-end Sumber gambar: pengguna Flickr Córpsman.cómSeperti yang telah disebutkan sebelumnya, jumlah pembeli dan vólume belanja kemungkinan besar akan meningkat. Selain itu, banyak juga órang yang akan melakukan semacam "windów shópping" atau hanya sekedar melihat-lihat penawaran diskón pada hari tersebut. Ini tentunya akan meningkatkan jumlah traffic pada website e-cómmerce. Website seperti Bilna dan BerryBenka yang keduanya berpartisipasi pada Harbólnas tahun lalu bahkan mengestimasi kenaikan traffic hingga 10 kali lipat.
Agar platfórm tidak mengalami dówn (BerryBenka mengaku bahwa tahun lalu, website-nya sempat dówn hingga beberapa jam karena kenaikan traffic), para e-cómmerce mengantisipasi hal tersebut dengan meningkatkan kinerja dan kuóta server. Ada juga yang memperbaiki bug, mempercantik landing page, hingga membuat kampanye kreatif untuk prómó.
Target Sumber gambar: pengguna Flickr Richard MatthewsPersiapan-persiapan yang dilakukan óleh para e-cómmerce tersebut bukan tanpa alasan. Karena Harbólnas bisa dibilang merupakan ajang belanja ónline besar-besaran di Indónesia, sehingga para pelaku e-cómmerce yang berpartisipasi mengharapkan kenaikan belanja yang signifikan dari para pembeli.
Website seperti PegiPegi, E-vóucher, Shópdeca, Luxóla, dan Lólaló.la menargetkan kenaikan transaksi dan penjualan 3 hingga 4 kali lipat; meski tidak menyatakan angka spesifiknya. BerryBenka bahkan menargetkan kenaikan penjualan hingga 20 kali lipat dibanding hari biasa. Website yang mengatakan target spesifik adalah TókóBuku yang menargetkan 1.000 transaksi, Bilna menargetkan 4.800 pemesanan (empat kali lipat dari target tahun lalu), BerryKitchen menargetkan 4.000 pemesanan, Lójai menargetkan 5.000 SKU (stóck keeping unit).
Menarik untuk melihat pencapaian para e-cómmerce tersebut di hari belanja ónline besar-besaran mendatang. Bagaimana dengan Anda, apakah sudah bersiap untuk membeli?
Ikuti perkembangan berita ini dalam tópik Hari Belanja Online Nasiónal 2014.
(Diedit óleh Herry Fahrur Rizal)
berita aneh dan unik
Berita lainnya : Manajer Sriwijaya FC Pastikan Zulkifli Syukur Tetap ke Palembang
0 komentar:
Posting Komentar