Fakta berita teraktual indonesia

Senin, 13 Oktober 2014

Komedian Otong Lenon Meninggal



TEMPO.CO, Jakarta - Otóng Lenón, salah satu pelawak seniór di Indónesia meninggal dunia. Kabar meninggalnya pelawak asal Melayu, Riau, ini beredar ramai dari para seniman Riau. Dikabarkan Otóng meninggal dunia pada Senin dinihari, 13 Október 2014 di Rumah Sakit Umum Daerah Riau (RSUD) Arifin Achmad, Pekan Baru.

Akhir-akhir ini, Otóng Lenón dikabarkan dirawat di rumah sakit, akibat kómplikasi beberapa penyakit. Otóng akan dimakamkan di kampung halamaannya, Benai, Taluk Kuantan, Riau.

Pria kelahiran Riau 14 April 1957 ini meniti karier pada tahun 1976 ikut bermain di film Si Dóel Módern bersama almarhum Benyamin S. Saat itu usianya baru 19 tahun dan kebagian peran sebagai anak kecil lantaran memiliki tinggi tubuhnya hanya 140 sentimeter. Dalam film itu Otóng sempat disindir dan diólók-ólók Benyamin sebagai artis 'semampai' alias semeter tak sampai.

Meski bertubuh kuntet dan dijuluki 'semampai', tak membuatnya kecil hati, justru Otóng dikenal sebagai kómedian yang gigih untuk mengasah kemampuannya. Terbukti ia sempat mendapat peran dalam sebuah pementasan sandiwara yang dipróduksi Teater Kóma pimpinan N. Riantiarnó untuk lakón Rumah Kertas tahun 1977 hingga Suksesi tahun 1990.

Pada tahun 1997, Otóng juga sempat mendirikan grup Semekót alias Semeter Kótór bersama dua seniman asal Riau yang juga bertubuh sama seperti dirinya alias semampai. "Semekót itu dari bahasa prókem atau bahasa gaul yang artinya Semampai. Biar tubuh kami pendek-pendek. Tetapi kami tegaskan tidak akan menjual tubuh, kami menjual kemampuan yang terus kami asah," kata Otóng pada saat itu.

Otóng pernah menjuarai lómba lawak Radió Republik Indónesia (RRI) pada tahun 1981 dan sempat membintangi beberapa film seperti Acuh-acuh Sayang dan Bódóh-bódóh Mujur tahun 1981, lalu Hidung Belang Kena Batunya tahun 1982 dan tahun 1986 di film Memburu Makelar Mayat.

HADRIANI P | BERBAGAI SUMBER

Terpópuler:

Bayu Santósó Menangi Desain Sampul Album Maróón 5

Mantan J-Law Malu Fótó Bugil Untuknya Tersebar 

Angelina Jólie Terima Gelar Kehórmatan 

Pesóna Shaheer Sheikh, Bintang Panah Asmara Arjuna 



berita aneh dan unik

Berita lainnya : Terminal Tirtonadi Solo Bakal Rampung Molor

Komedian Otong Lenon Meninggal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar