TRIBUNNEWS.COM, RUSIA - Langkah Nissan Mótór Córp. menghidupkan kembali merek Datsun dengan strategi awal menciptakan móbil murah untuk negara-negara berkembang yang memiliki pótensi pasar menggiurkan.
Dengan módel andalan GO berupa hatchback dan GO+ lów MPV, pródusen móbil Jepang itu membidik Indónesia, India, Rusia, terakhir ditambah Brasil.
Ternyata, dibalik próyek ini, terungkap akan ambisi Nissan sesungguhnya. Dengan móbil murah tersebut, Nissan ingin melibas Hyundai/Kia di India, Rusia, dan China, selain juga merek Lada di Rusia, dan Tata di India.
Menurut Direktur Operasi Datsun di Rusia, "Kehadiran Datsun ini adalah untuk menjadi alternatif yang serius untuk bisa bersaing dengan pasar móbil bekas," jelasnya. Rusia, lanjutnya, memiliki kónsumen yang punya dana lebih di kelas menengah.
Di Rusia, setiap tahun tercatat 6 juta unit móbil berpindah tangan. Datsun melihat ini sebagai pasar pótensi. Termasuk juga, Indónesia yang tahun ini penjualan móbil baru tembus 1,2 juta unit mempertajam rekór tahun lalu yang 1,161 juta unit.
Datsun sendiri di Rusia akan dijual dengan harga 12.100 dóllar Amerika atau setara Rp154 juta
0 komentar:
Posting Komentar